Eksplor Bandung: Bersemedi di Gasibu Running Track

Akhir-akhir ini aku ngerasa kurang terpapar sama udara luar. Karena besok udah masuk kuliah, jadi beberapa hari ini aku mencoba meyibukkan diri dengan aktivitas semi-produktif di asrama. Aku juga udah menunda-nunda jadwal lari pagi. Setiap pagi pasti ada aja alasan buat meng-tidak-an lari pagi, entah itu harus ngedesain, baca buku, nonton, atau nyuci baju. Tapi, kemarin aku bener-bener membulatkan tekad kalau minggu pagi harus jogging! No matter what happen pokonya.

Seperti biasa, di tengah persiapan untuk pergi, aku mencoba nyari alasan untuk ngga pergi. Tapi, akhirnya, aku sukses melawan bisikan-bisikan negatif yang berkeliaran di kepala! Yeay!

Biasanya, aku jogging di sekitar kompleks asrama. Bersyukur banget dapet asrama daerah sini karena aksesnya kemana-mana gampang. Kompleksnya juga nyaman banget buat jogging, dan udara paginya seger banget. Tapi kalau jogging di sekitar kompleks asrama, aku cuma bertahan satu putaran. Akhirnya lapangan gasibu jadi pilihan terakhir. Aku tau banget kalau gasibu bakal penuh sesak di hari minggu, tapi itu jadi salah satu alasan aku supaya ngga lari. Dan faktanya, tadi aku cuma jalan cepat enam putaran.

IMG_20180218_074227
Gasibu running track yang sepuluh menit lalu penuh sesak

Tapi serius deh, seneng banget liat anak-anak sampai orang tua pada antusias olahraga di sana. Ada yang cuma jalan santai sambil peregangan, ada yang semangat untuk tetep jogging walau bingung nyari jalan karena track nya penuh, ada yang main bulu tangkis, dan ada juga yang cuma duduk-duduk di pinggir nikmatin sinar matahari pagi. Dulu, waktu masih jaman SMP/SMA, kayanya tren jogging belum ada deh. Soalnya dulu tempat kaya lapangan gasibu ini belum banyak diminati buat jadi salah satu place to go in weekend. Masih lapangan biasa dan cuma ada beberapa yang manfaatin itu buat olahraga. Pokonya salut banget sama Pak Ridwan Kamil, bisa menyulap tempat jadi keren plus instagramable dan tentunya banyak hal positif yang bisa dilakuin.

Selesai olahraga (walaupun cuma jalan cepat), aku duduk di ujung lapangan. Dari sini bisa ngeliat dengan jelas semua aktivitas. Aku sempet heran ngeliat banyak anak-anak sekolah yang antusias buat olahraga. Dulu pas masih SMP/SMA, aku paling males buat olahraga, apalagi kalau disuruh lari keliling lapangan, selalu jadi yang paling terakhir. Tapi sekaligus seneng sih, mudah-mudahan generasi muda jaman sekarang jadi generasi yang jiwa raganya kuat dan sehat, aamiin!

Salah satu hal positif lainnya adalah, beberapa orang manfaain itu untuk mencari nafkah. Misalnya penjual air minum yang setiap menitnya suara ramah mereka menawarkan minum terdengar. Ya walaupun harganya lebih mahal seribu-dua ribu. Ada juga yang buka sewa raket bulu tangkis. Yang akhirnya bikin aku agak hati-hati tiap jalan karena takut kena ‘tamparan’ dari raket, karena saking banyaknya yang sewa dan yang main.

Oh, hal keren yang bikin aku kagum adalah ngga ada sampah! Aku paling seneng merhatiin sekeliling sambil merenung, dan aku baru sadar kalau sampah ngga ada yang berserakan, walaupun ada sih satu-dua yang aku temuin. But over all, that’s pretty good. Seneng banget rasanya. Mudah-mudahan di setiap tempat juga sama kayak gini, malah lebih bagus, ngga ada sampahnya sama sekali. Ngga jarang sih aku temuin tempat-tempat yang banyak sampah berserakan dan ngga ada tempat sampah di dekat situ. Greget banget. Kenapa sih yang buang sampah sembarangan itu ngga nyimpen sampahnya dulu di kantong mereka dan bawa sampai ketemu tempat sampah? Kalau aku, aku termasuk orang yang suka nyimpen sampah di tas karena males jalan buat nyamperin tempat sampah wkwk. Akhirnya tiap sampai rumah, tas jadi beralih fungsi menjadi tempat penyimpanan sampah sementara.

Dan sayangnya, aku masih ngeliat beberapa perokok yang duduk ngga jauh dari tempat aku duduk. Kadang aku pengen punya kekuatan super kaya Goblin biar bisa musnahin rokok mereka dari jarak jauh. Iya, di lapangan gasibu emang belum ada smoking area, dan itu yang masih jadi masalah di Indonesia: kurangnya smoking area dan kelakuan para perokok aktif yang masih suka seenak jidat ngerokok di manapun. Padahal, udara pagi tuh masih seger, ngga banget deh kalau sampai terkontaminasi sama asap rokok.

Aku duduk merenung sekitar setengah jam lebih, cukup lama emang. Aku sengaja milih gasibu karena tempatnya cukup enak buat merenung sambil ngeliat banyak aktivitas. Aku termasuk orang yang ngga suka ada di keramaian sih sebenernya. Waktu pertama masuk ke running tracknya, ngerasa aneh dan agak ngga nyaman karena orangnya banyak banget! Berasa lagi ngantri sembako lebaran. Tapi aku pun termasuk orang yang  sedikit suka ngambil tantangan. Dan lama-lama jadi terbiasa deh. Walaupun akhirnya di antara kerumunan banyak orang aku sibuk sama pikiranku sendiri. Yaa namanya juga lagi merenung.

Setelah duduk sambil merenungi beratnya kehidupan, aku mutusin buat jalan-jalan sebentar sebelum pulang. Ngga jarang aku ngeliat keluarga yang main di sini. Kayanya seru juga ngajak keluarga dan piknik kecil-kecilan. Sayangnya keluarga besarku kalau jalan-jalan tujuannya pasti foto-foto, akhirnya aku capek sendiri jadi tukang foto dan jadi nyamuk karena nungguin mereka foto. Kalau jalan-jalan ke manapun, aku lebih milih buat mengeksplor tempat itu dan nyimpen kenang-kenangan berupa foto-foto sesuatu yang aku anggap menarik daripada selfie-wefie dan sejenisnya.

IMG_20180218_173723
Pasangan yang bikin aku senyum-senyum sendiri saat ngambil foto ini
IMG_20180218_082227
Ada foto gubernur Jawa Barat dari 1945-1993 juga!
IMG_20180218_082442
Ada Gedung Sate di seberang Gasibu Running Track. Btw, polisi ini juga ngebantuin para penyebrang jalan dan sesekali bercanda sama mereka.

Di akhir perjalanan di gasibu, aku ngeliat tukang es krim dan memutuskan untuk beli. Bodo amat deh walau belum sarapan, soalnya jarang banget aku minum yang dingin-dingin karena emang ngga dibolehin. Tapi tiba-tiba ada satu hal yang cukup kocak. Ada tiga orang yang kira-kira masih SMA nyamperin aku untuk nawarin jualan mereka berupa satu kotak gorengan, “Dek, mau beli pastel ngga?”. Aku yang lagi asik makan es krim diem selama tiga detik sebelum nolak secara halus.

IMG_20180218_083050
Terimakasih, es krim. Berkat kamu, aku jadi muda kembali.

Pulang dari gasibu running track aku ngerasa lebih sehat. Sip.

4 respons untuk ‘Eksplor Bandung: Bersemedi di Gasibu Running Track

  1. “Akhirnya tiap sampai rumah, tas jadi beralih fungsi menjadi tempat penyimpanan sampah sementara.”

    Hahha, kita sama Safa. Bahkan aku bersih2 tas cuma buat bersihin plastik atau kertas ini itu tiap akhir pekan.

    Dek mau es krimnya dong dek? 😜

    Disukai oleh 1 orang

      1. Tos. ✋
        Wkwkwk. Tasku tempat sampah beneran deh, tp paling banyak bon bon belanja dan karcis parkis. Hahaha.

        Safa di Bandung, oke deh. Nanti kalau berkesempatan ke Bandung aku mau main, insyaAllah 😉

        Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar